Cara Melakukan Installasi Cpanel WHM pada VPS CentOS 7

cPanel adalah panel kontrol komersial berbasis linux yang terkenal, paling andal, dan intuitif untuk layanan web hosting. Ini kaya fitur dan dapat digunakan melalui interface yang baik untuk mengelola semua layanan berbagi, pengecer, dan hosting bisnis dan banyak lagi.

Muncul dengan cPanel dan Web Host Manager (WHM), yang membuat web hosting lebih mudah bagi admin web:

WHM menyediakan antarmuka akses tingkat akar dan pengecer, di mana pengguna dapat mengelola pengaturan yang terkait dengan administrasi server dan manajemen akun.

Sementara cPanel menawarkan antarmuka akses tingkat pengguna untuk mengelola akun web hosting di server.

Fitur cPanel / WHM

  1. GUI yang intuitif dan kuat untuk mengontrol server Anda dengan WHM.
  2. Sekarang mendukung EV Certificates.
  3. Mendukung Token Autentikasi API.
  4. Sekarang menawarkan AutoSSL mendukung Proxy Subdomain.
  5. Memungkinkan Anda melihat Status SSL di cPanel.
  6. Mendukung operasi seperti Backup, Migrasi, dan restorasi dengan cara yang sangat mudah dan lancar.
  7. Mendukung manajemen DNS dan server email yang sangat baik untuk server utama dan juga akun klien.
  8. Mendukung manajemen (start / stop / enable / disable) layanan di server.
  9. Memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi SSL / TLS untuk semua layanan server dan domain klien.
  10. Integrasi yang mudah dengan Phpmyadmin mengelola database MySQL Anda dari browser web.
  11. Mendukung rebranding.
  12. Memungkinkan integrasi dengan WHMCS untuk mengotomatisasi pengelolaan penagihan dan banyak lagi.
  13. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menginstal cPanel dan WHM di RHEL / CentOS 7 dan mencakup konfigurasi awal untuk mengelola cPanel dan WHM.

 

Spesifikasi VPS minimal yang dapat dilakukan installasi CPanel WHM :

  1. A clean fresh minimal installation of CentOS 7 server.
  2. Minimum of 1 GB RAM ( 2 GB recommended).
  3. At least 20GB of free disk space ( 40 GB recommended).
  4. A valid cPanel license.
  5. Standard hostname (FQDN or Fully Qualified Domain Name) -> nama domain yang aktif di gunakan untuk host name.
  6. Perl

 

Sebelum kita melanjutkan ke bagian instalasi, Anda harus mencatat ini ke poin-poin penting:

 

  1. Setelah Anda menginstal cPanel / WHM, itu tidak dapat dihapus dari sistem Anda. Anda harus menginstal ulang sistem operasi Anda untuk menghapusnya.
  2. cPanel adalah perangkat lunak komersial dan memerlukan lisensi untuk bekerja, namun, ada uji coba 15 hari (yang secara otomatis diaktifkan setelah Anda menginstal cPanel), Anda dapat menginstal perangkat lunak Anda menggunakan uji coba kemudian membeli perangkat lunak nanti.

 

Proses Installasi Cpanel WHM dicentOS 7 :

  1. Pastikan bahwa server Anda memiliki nama host standar (FQDN atau Fully Qualified Domain Name), jika tidak atur sebagai berikut (dalam contoh ini, cpanel adalah nama host dan tecmint.lan adalah nama domain). Jadi Anda bisa menggunakan subdomain contoh dipanduan ini menggunakan cpanel.tcmint.lan Berikut conotoh penggantian hostname menggunakan SSH :
    # hostnamectl set-hostname cpanel.tecmint.lan
    Namun jika Anda menggunakan layanan yang menyediakan pengubahan hostname dari member area maka sebaiknya melakukan pengubahan dari member area supaya mudah dan tidak terjadi error
  2. cPanel ditulis dalam Perl, pastikan Anda menginstal Perl di server Anda, dan jalankan perintah di bawah ini untuk menginstalnya di sistem Anda SSH VPS Anda:
    # yum install perl
  3. Anda tidak perlu menjalankan perintah apa pun untuk menginstalnya, ada skrip installer otomatis yang dibuat untuk Anda. Yang harus Anda lakukan hanyalah mengunduh skrip pemasang cPanel dengan perintah cURL, jika Anda tidak memasang perintah cURL, instal terlebih dahulu seperti itu.
    # yum install curl
  4. Kemudian unduh skrip penginstal terbaru ke direktori home.
    # curl -o latest -L https://securedownloads.cpanel.net/latest
  5. Sekarang, jalankan skrip pemasang otomatis. Perhatikan bahwa jika Anda sudah login di server menggunakan SSH, kami sangat menyarankan untuk menjalankan skrip cPanel auto installer dalam mode layar, karena dibutuhkan waktu 40-60 menit untuk menyelesaikan instalasi tergantung Kemampuan server VPS Anda dan kecepatan koneksi Internet
    # sh latest

    Contoh Hasil output script tadi :
    Silahkan Anda tunggu prosesnya hingga selesai, Umumnya ada jika sudah selesai Anda diminta melakukan reboot VPS Anda.

  6. Setelah Insatallasi selesai Anda bisa masuk kepenal WHM dengan URL : Https://IPVPSANDA:2087 Jika ada security error “Your Security is not Private” Anda tidak perlu khawatir silahkan silahkan lanjutkan masuk dengan menu tombol “advanced” Hal ini normal karena IP tidak dapat menggunakan protocol HTTPS. Berikut contoh tampilan login WHM:

    Silahkan Anda login dengan Detail login Root dan password yang diberikan layanan VPS Anda.
  7. Selanjutnya, baca Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir dan terima persyaratan dengan mengklik tombol “I Agree?/Go Step 2” untuk melanjutkan.
  8. Kemudian Anda akan pindah ke bagian Setup Networking, memberikan alamat email Anda yang berfungsi dan menghubungi alamat SMS di kolom ” Server contact SMS address ” dan “Server contact SMS address” masing-masing. Ini akan memungkinkan cPanel mengirim semua peringatan penting, pemberitahuan ke EMail-id (Recommended) ini. Anda dapat mengisi detail sisanya juga, sesuai kebutuhan. Untuk “Server contact SMS address” tidak Anda isi tidak masalah dan untuk “Server contact SMS address” bisa diisi dengan alamat email dari luar conothnya “Gmail”. Berikut Contoh tampilannya :
  9. Selanjutnya, pindah ke bagian Hostname, masukkan nama host FQDN yang valid dan entri Resolver untuk server Anda di bagian Networking seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
  10. Setelah itu, lanjutkan untuk memilih Perangkat Jaringan / Ethernet Utama, IP yang tersedia pada perangkat itu akan dianggap sebagai alamat IP utama server Anda. Dan klik tombol ” Save & Go to Step 5 “.
  11. Sekarang atur alamat IP statis server Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu IP yang terpasang dengan kartu NIC Anda dan Anda ingin mengatur IP khusus untuk IP utama Server Anda, Anda dapat melakukannya dari sini, untuk melakukannya pilih IP dari drop-down dan klik “Go to Setup 4“.
    Selanjutnya, tambahkan “A Entri” untuk Nameservers & Hostname yang akan digunakan server Anda. Tambahkan Nameserver untuk yang ingin Anda gunakan di kolom yang kosong: ns1 / ns2.example.com. Selain itu, tambahkan entri untuk nama host dan nameserver Anda dengan memilih kotak centang, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Kemudian klik tombol “Simpan & Pergi ke Langkah 5“.
  12. Sekarang, konfigurasikan layanan yang berbeda seperti FTP, Mail, dan Cphulk di Langkah 5, dari wizard berbasis web ini. Dalam konfigurasi FTP, ada dua aplikasi FTP, pilih yang ingin Anda gunakan, tetapi Pure-FTPD disarankan. Pilih opsi yang dinonaktifkan jika Anda ingin menonaktifkan server FTP lokal.

    Di wizard yang sama, Anda dapat memilih server Mail Anda untuk digunakan untuk semua aktivitas pengiriman Anda di masa depan. Anda dapat menambahkan MTA seperti Exim dengan cPanel Anda di masa depan. Anda dapat memilih Dovecot yang juga direkomendasikan atau Anda dapat memilih untuk menonaktifkan server email dengan memilih opsi yang dinonaktifkan.
  13. Pindah untuk mengatur Cphulk brute force protection yang mendeteksi dan memblokir aktivitas serangan kata sandi palsu dan memblokir IP mereka untuk server Anda. Anda dapat mengaktifkan / menonaktifkan dan mengkonfigurasinya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini
  14. Terakhir pada Langkah 6, Anda dapat mengaktifkan kuota yang membantu Anda melacak penggunaan ruang disk. Pilih ” Use file system quotas” dan klik “Finish setup wizard” untuk menyelesaikan proses Instalasi.

    Catatan: Jika Anda tidak menggunakan kuota sistem file, Anda tidak akan dapat memantau jumlah ruang disk yang digunakan oleh pengguna atau situs web apa pun.Sekarang Anda dapat melihat beberapa fitur baru cPanel di Feature Showcase-nya. Dalam fitur yang direkomendasikan Anda akan melihat cPanelID, yang memungkinkan pengguna untuk login ke cPanel dengan cPanelID-nya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk login ke beberapa cPanels dengan satu id pengguna. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan memilih opsi aktifkan, jika tidak, nonaktifkan dengan memilih “No, thank you”.
    Setelah Anda selesai dengan Instalasi, halaman beranda WHM akan Muncul seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Anda dapat melihat bahwa halaman Home WHM menampilkan semua opsi panel kontrol dan sidebar dengan fasilitas pencarian yang memungkinkan Anda untuk mencari opsi hanya dengan mengetikkan namanya.
  15. Penting: Terkadang, skrip pemasang cPanel tidak dapat memperbarui lisensi karena entri firewall atau resolvers dan Anda akan melihat peringatan percobaan di halaman. Anda dapat melakukannya secara manual dengan perintah berikut.
    # /usr/local/cpanel/cpkeyclt
  16. Installasi Cpanel WHM sudah selesai silahkan digunakan

 

Di bawah ini adalah daftar berguna dari file backend dan config cPanel yang mungkin ingin Anda ketahui sebelum mulai bekerja dengan Cpanel dan WHM.
CPanel Backend Files

  • Cpanel directory : /usr/local/cpanel
  • Third Party tools : /usr/local/cpanel/3rdparty/
  • Cpanel addons directory : /usr/local/cpanel/addons/
  • Base files like Phpmyadmin, skins : /usr/local/cpanel/base/
  • cPanel binaries : /usr/local/cpanel/bin/
  • CGI files : /usr/local/cpanel/cgi-sys/
  • Cpanel access & error log files : /usr/local/cpanel/logs/
  • Whm related files : /usr/local/cpanel/whostmgr/

Important cPanel Configuration Files

  • Apache configuration file: /etc/httpd/conf/httpd.conf
  • Exim mail server conf file:/etc/exim.conf
  • Named conf file : /etc/named.conf
  • ProFTP and Pureftpd conf file :/etc/proftpd.conf and /etc/pure-ftpd.conf
  • Cpanel user file: /var/cpanel/users/username
  • Cpanel configuration file (Tweak settings) : /var/cpanel/cpanel.config
  • Networking configuration file: /etc/sysconfig/network
  • Addons, parked and subdomain information: /etc/userdomains
  • Cpanel update config file: /etc/cpupdate.conf
  • Clamav conf file: /etc/clamav.conf
  • Mysql configuration file: /etc/my.cnf
  • PHP ini conf file : /usr/local/lib/php.ini

 

Sumber : www.tecmint.com