Cara Melakukan Traceroute Pada domain atau IP Di Windows

Traceroute adalah proses perintah yang digunakan untuk menampilkan rute yang dilewati paket dari pengirim menuju lokasi tujuan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat.
Rute yang ditampilkan adalah daftar koneksi yang dilalui secara berurutan yang terdapat pada jalur antara pengirim dan tujuan. Apabila ditemukan berita Request Time Out pada salah satu koneksi dan kebawahnya terus Request Time Out, maka di interface itulah yang ada masalah.

Dalam artikel ini saya akan memberikan contoh cara melakukan Traceroute pada komputer dengan sistem operasi windows. Silahkan melihat urutan tata cara berikut :

  1. Pastikan Anda sudah masuk pada halaman dekstop komputer dengan sistem operasi windows Anda.
  2. Tekan tombol “lambang windsows + R
  3. Ketikan pada kolom “cmd” lalu pilih “ok” 
  4. Anda akan dihadapkan dengan tampilan command bar, dalam tampilan command bar itu silahkan isikan “Tracert namadomainmu.com” atau jika Anda ingin melakukan ping ke IP tertentu bisa menggunakan “Tracert IPtujuan” contoh : 
    Hasil tracert diatas menunjukkan bahwa koneksi yang digunakan cukup stabil, terlihat 10 Hops (loncatan). Waktu dalam satuan ms (millisecond) sama seperti halnya Hops, semakin kecil waktu perpindahan data, maka akan semakin baik /cepat  anda mengakses situs yang anda traceroute  tadi.

    Jika ada status Request time out, berarti ada paket yang drop, dengan kata lain entah itu Echo Request atau Echo Reply hilang di tengah jalan. Jika jumlah paket yang hilang sedikit (kurang dari satu persen), hal ini masih normal. Tapi jika paket yang hilang banyak sekali, berarti ada masalah pada koneksi jaringan kita.