Cara Memindahkan WordPress site Antar Domain atau Subdomain dalam Satu Hosting

Jika kamu memiliki sebuah webiste dengan menggunkan CMS wordpress dan kamu ingin memindahkan file wordpress ke domain atau subdomain lain dalam satu hosting kamu bisa mengikuti panduan berikut. Hal ini saya contohkan, saya membuat atau menginstall wordpress site di domain paham.in dan saya ingin memindahkan file wordpress ke subdomain motor.paham.in, sehingga jika di akses subdomain motor.paham.id akan tampil isi websitenya seperti pada domain paham.in. Untuk cara yang akan saya demostrasikan ini juga berlaku jika pemindahan antar domain, contoh kamu ingin memindahkan file website domainA.com ke directory domainB.com.

Untuk cara pemindahan file wordpress domain paham.in ke subdomain motor.paham.id, silahakn melihat cara berikut :

  1. Sebelumnya pastikan kamu melakukan addon domain atau membuatan subdomin yang kamu inginkan sebagai tempat website yang baru, dalam simulasi ini saya membuat subdomain motor.paham.in.
  2. Pertama-tama pastikan untuk directory subdomain atau domain tujuan pemindahan kosong, dalam simulasi ini directory subdomain motor.paham.in saya sudah kosongkan dan tidak ada file tersisa. Untuk pengecekan kanya kamu masuk ke Cpanel -> File manger->cari directory folder tujuan pemindahan.
  3. Lakukan move data, dalam simulasi ini saya akan pindahkan data dari domain paham.in ke subdomain motor.paham.id. pertama, saya masuk ke folder domain paham.in dan pilih menu select all. Lalu pilih menu Move, dalam kotak tujuan pilih lokasi folder tujuan. Untuk susunan / urutan folder lihat tanda biru. Lalu klik move file(s) dan tunggu proses pemindahan data
  4. Ubah site url dan home url di data base, sebelumnya kamu cek dulu database yang di gunakan yang mana, caranya masuk ke directory baru dalam simulasi ini di folder motor.paham.in dan cek ini wp-config.php : 
    cek nama data base yang digunakan : 
  5. keluar ke halaman utama cpanel, dan masuk ke menu phpmyadmin edit database yang tadi dicek. Edit site url dan home dengan nama domain atau subdomain yang baru, edit dan klik enter jika sudah selesai :
    hasil pengubahan : 
  6. coba akses domain atau subdomain hasil pemindahan cek juga untuk login wp-admin/ dashboard. Untuk hasilnya :

 

Untuk cara ini bisa berjalan dengan lancar, pelu kamu ingat kamu juga harus mengubah script-script yang custom menggunakan url domain atau subdomain lama ke url domain atau subdomain baru. Contoh jika sebelumnya ada yang kamu custom di htaccess dengen site url domain atau subdomain lama maka kamu juga  harus ubah ke url domain atau subdomain baru. Namun jika website wordpress kamu ini merupakan wordpress site standar (hanya melakukan penggantian tema dan plugin-plugin standar) tanpa ada custom script yang berkaitan dengan url domain atau subdomain lama seharunya dapat bekerja dengan normal. sekian dulu untuk artikel ini, selamat mencoba.