DIGINOOB

Cara Mengganti Tema WordPress Melalui Database

Jika kamu mengalami web site wordpress error setelah melakukan penggantian tema baru seperti website manjadi blank putih tidak bisa masuk dashboard wordpress dan lainya, sebaiknya kamu coba cek dulu untuk tema yang kamu gunakan ini membutuhkan sistem requirement seperti apa. Biasanya developer tema akan menjelaskan untuk setting yang harus di gunakan supaya tema dapat berjalan, jika kamu tidak mengetahui atau tidak disertakan di deskripsi tema sebaiknya kamu tanyakan dulu ke developer tema tersebut. Namun kamu juga bisa coba melakukan pengecekan sendiri dengan mengikuti Tutorial yang di bahas di artikel sebelumnya yaitu Mengatasi Webiste Blank Putih.  Jika kamu telah melakukan pengecekan seperti pada artikel tersebut namun masih terjadi error atau missing script yang membuat kamu tidak dapat melakukan login ke dashboard atau tema tidak sesuai dengan keinginan kamu. Maka kamu dapat melakukan penggantian tema melalui database wordpress site kamu.

Kamu dapat melakukan penggantian tema wordpress kami ke defaut atau ke tema yang kapu pastikan bisa bekerja dengan normal supaya kamu bisa login ke dashboard. Dalam tutorial ini saya akan informasikan cara untuk melakukan penggantian tema ke tema default contohnya tema twentyseventeen yang telah ada setalah kamu melakukan installasi wordpress pertama kali.

Cara melakukan penggantian tema melalui database :

  1. Silahkan kamu login dulu ke cpanel atau panel hosting kamu.
  2. Buka menu File Manger -> public_html, cari directory website yang bermasalah jika website yang bermasalah merupakan domain utama hosting maka biasanya ada di public_html, tapi jika merupakan addon domain maka akan berada di directory addon domain yang kamu buat sebelumnya.
  3. Setelah kamu masuk di directory wordpress kamu silahakan kamu cari untuk file “wp-config.php” ->klik kanan edit / view lalu cek untuk BD_NAME wordpress kamu . Hal ini bertujuan untuk memastikan untuk wordpress database wordpress yang kamu guankan.Untuk leboh jelasnya silahakn melihat gambar berikut :
  4. Setelah kamu itu silahkan ke menu utama cpanel kamu, selanjutnya kamu masuk ke menu “PhpMyAdmin”.
  5. Pastikan untuk database yang akan kamu ubah sama dengan yang kamu cek di scrpt wp-config sebelumnya.
  6. Setelah itu klik tanda “+” pada samping kiri datanama database tersebut untuk melihat tabel database. Cari tabel “_option” klik 2x lalu buka halaman keduanya. Untuk lebih mudah silahkan melihat gambar:
    Setelah itu silahkan ubah untuk template dan stylesheet sesuai dengan tema yang akan kamu guankan. Caranya klik 2x pada nama tema lama kamu dan ubah namanya sesuai dengan nama folder tema yang kamu akan gunakan lalu tekan enter untuk menyimpan perubahan.
  7. Kamu bisa cek tema bisa kamu gunakan yang telah ada atau terupload file manger di folder public_html atau letak folder wordpress site kamu berada->wp-content->themes :
    jika kamu ingin menggunakan tema default bawaan wordpress kamu bisa ubah template dan stylesheet yang ada di database dengan nama twentyfifteen, twentysixteen atau twentyseventeen.
  8. Selamat tema kamu telah berubah. Silahkan kamu cek untuk akeses kembali wordpress kamu
Cara Mengganti Tema WordPress Melalui Database | digi2017 | 4.5