Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting

Untuk Website dapat diakses kamu harus menghubungkan  domain dengan hosting yang kamu miliki. Terkadang jika kamu melakukan pembalian hosting dan domain dalam satu layanan biasanya oleh penyedia layanan name server sudah di set dafult dalam domain sehingga kamu tidak perlu repot melakukan pengubahan name server sehingga domain dan hosting akan langsung terhubung. Contohnya saya melakukan pembalian domain dan hosting di layanan Niaga Hoster, saat domain aktif maka akan langsung menggunakan Name Server : ns1.niagahoster.com dan ns2.niagahoster.com dan domain akan langsung terhubung dengan Hostingnya. Namun dalam beberapa kasus banyak orang yang membeli domain dan hosting dua layanan yang berbeda maka dalam hal ini harus di lakukan pengarahan name server dari domain ke hosting yang akan di gunakan.

Untuk Menghubungkan domain dengan Hosting sendiri ada dua cara, yang pertama pengarahaan domain menggunakan nameserver dan pengarahan domain menggunakan A record. Untuk yang paling mudah ini mengarahkan domain dengan Name server. Biasanya jika kamu melakukan pembalian hosting kamu akan di berikan detail login cpanel, login ftp dan Name Server untuk menghubungkan domain dengan hosting kamu. Jika kamu tidak mengetahui name server hosting yang akan kamu guanakan, kamu bisa tanyakan ke layanan penyedia hosting. Namun ada beberapa layanan yang memberikan detail Name server hosting yang dapat kamu cek sendiri biasanya ada di member area atau di informasi dalam cpanel. Untuk hal ini saya contohkan menggunakan layanan Niaga Hoster, Untuk Niaga hoster kamu bisa cek sendiri di member area, tepatnya pada detail hosting.

Cara pengecekan name server hosting di niaga hoster :

  1. Silahkan kamu melakukan login member area dengan cara akses niagahoster.co.id -> dan klik di tombol “member area” di sebeleh pojok kanan atas.
  2. Setelah masuk klik pada tab menu hosting dan domain, pada bagian hosting silahkan klik tombol “kelola”
  3. Lalu silahkan pilih tab menu detail. Nantinya akan muncul detail untuk Name server hosting yang di gunakan untuk meghubungkan domain dengan hosting. 
  4. Setalah kamu mengetahui name server hosting kamu, silahkan kamu isikan name server tersebut di panel domain kamu dalam member area layanan penyedia domain kamu.

Cara melakukan update name server di domain yang di beli di niagahoster:

  1. Silahkan kamu melakukan login member area dengan cara akses niagahoster.co.id -> dan klik di tombol “member area” di sebeleh pojok kanan atas.
  2. Setelah masuk klik pada tab menu hosting dan domain, pada bagian Domain silahkan klik tombol “kelola”.
  3. Silahkan melakukan update nameserver name server disesuaikan dengan hosting yang akan di gunakan. Untuk hal ini saya contohkan domain di arahkan kehosting yang ada di niaga hoster sehingga nameserver hosting saya inputkan berdasarkan pengecekan sebelumnya. Namun jika anda membeli hosting di layanan lain maka yang gantilah nameserver (dalam kotak biru) sesuai dengan tujuan hostingnya.

Jika kamu ingin melakukan addon domain atau menggunakan beberapa nama domain dalam sebuah hosting  kamu juga harus melakukan hal ini supaya domain baru kamu terhubung dengan hosting yang akan di gunakan untuk addon domain.

Setelah anda melakukan update name server maka domain tidak dapat langsung di akses harus menunggu masa propagasi biasanya terjadi hanya beberapa jam saja namun untuk waktu tunggu maksimalnya 1×24 jam.