Mematikan Plugin WordPress yang Bermasalah Dari File Manager

Beberapa dari kamu pasti ada yang mengalami website wordpress error setelah melakukan installasi plugin baru, terkadang ada yang mengalamai website blank putih, tidak bisa login dashboard wordpress dan lainnya. Untuk hal ini sebeiknya kamu coba melakukan : Mengatasi Website Blank Putih. Jika kamu telah melakukan penyesuaian sesuai dengan petujuk pada artikel tersebut kemungkinan plugin yang kamu gunakan error dan harus kamu matikan supaya website bisa di akses atau kamu bisa masuk dashboard wordpress.

Terkadang jika kamu telah melakukan penyesuaian versi php dan berbagai modulnya namin tetap error atau ada file script dalam plugin yang tidak bekerja atau hilang. Jika kamu mengalami hal ini kami  tetap bisa masuk ke dashboard wordpress kamu setelah mematikan plugin dari file manager.

Untuk  mematikan plugin yang bermasalah silahkan coba cara ini :

  1. Silahkan kamu masuk ke cpanel atau panel hosting kamu
  2. Buka menu File Manger -> public_html, cari directory website yang bermasalah jika website yang bermasalah merupakan domain utama hosting maka biasanya ada di public_html, tapi jika merupakan addon domain maka akan berada di directory addon domain yang kamu buat.
  3. Jika kamu sudah masuk ke directory wordpress site kamu silahkan kamu buka folder public_html/wp-content/plugins.
  4. Dalam folder plugin kamu bisa melihat plugin apa saja yang kamu lakukan installasi sebelumnya. Lihat notifikasi error saat di akses untuk memastikan plugin mana yang bermasalah.
  5. Jika kamu sudah mengetahui plugin yang mana, kamu bisa mematikannya dengan melakukan rename pada folder plugin. Untuk caranya klik kanan pada folder plugin pilih rename, Untuk contoh saya melakukan rename dengan menambahkan kata “-off” untuk lebih jelas silahkan melihat gambar:
    Atau kamu juga bisa mematiakn plugin dengan cara mengganti permissionnya menjadi “0000”. Untuk caranya klik kanan pada folder plugin pilih change permission, uncheck list semua hingga permissionnya menjadi “000” lebih jelasnya silahkan melihat gambar:
    Bisa juga dengan melakukajn kklik 2x pada value permission dan digantian dengan “0000” dan pilih save, lebih jelasnya silahkan melihat gambar: 
  6. Setelah di matikan silahakn kamu cek akses untuk website kamu dan coba melakukan login ke dashboard wordpress kamu.