Menambahkan Subdomain Di Cloudflare

Beberapa dari kalian ada yang mengalami subdomain yang baru saja di buat tidak dapat di akses setelah domain kamu lakukan installasi cloudflare. Hal ini normal karena subdomain yang kamu baru buat belum kamu tambahkan ke cloudflare. Sehingga saat di akses subdomain tidak mengarah kemana pun. Untuk hal ini saya akan berbagi tips agar subdomain baru tersebut dapat diakses kembali.

Untuk hal ini saya akan contohkan membuat subdomain dengan nama test.diginoob.com dan di dalam subdomain tersebut saya melakukan installasi wordpress baru. Sebelum saya menambahkan cloudflare untuk subdomain tersebut saat di akses test.diginoob.com akan tampil : Hal ini saya tujukan sebegai buti memang subdomain sebelumnya tidak dapat diakses sebelum di tambahkan di cloudflare.

Untuk cara menambahkan subdomain kedalam akun cloudflare yang kita miliki sebelumnya, silahkan ikuti langkah berikut :

  1. Pastikan kamu telah melakukan pembuatan subdomain dengan normal
  2. Silahkan kamu login ke akun Cloudflare yang kamu miliki.
  3. Masuk ke manu DNS 
  4. Silahkan tambahakan subdomain kamu, lebih lengkapnya silahkan melihat gambar berikut : 
    contoh hasil penambahan subdomain :
  5. Silahkan kamu tunggu masa propagasinya, karena menggunakan cloudflare maka masa propagasinya akn lebih cepat biasanya hany beberapa menit saja.
  6. Silahkan kamu clear cache browser kamu sebelum melakukan percobaan akses karena bisa saja subdomain masih tidak dapat di akses karena cache saat subdomain tersebut masih error.
  7. Silahkan lihat untuk hasilnya :

Semoaga artikel ini dapat membantu kalian yang mengalami kasus serupa.