Mendaftarkan IP Ke File Host Pada Windows 10

Apakah anda sudah mengerti apa itu file host? Jika sudah mengerti silahkan anda langsung mengikuti tutorial yang ada. File hosts adalah file yang berisi plain text yang di gunakan untuk maping Ip yang di daftarkan di file tersebut. Untuk sistem kerja file hosts ini hanpir sama dengan DNS pada domin yaitu mengarahkan ke IP tertentu namun dalam hal ini yang bertindak adalah komputer sebagai administrator.

Pendaftaran file host dapat berguna mengatasi website yang tidak dapat di akses dengancara menambahkan IP hosting anda atau Ip website anda. Sehingga saat anda akses nama domain anda akan lagsung termaping ke IP website anda.

Cara mendaftarkan file host pada windows 10 (cara ini berlaku juga untuk sistem operasi windows yang lebih lama) :

1. Silahakan anda buka aplikasi “Notepad” dan jalankan dengan previlage Administrator. Pertama buka tombol Start atau lambang windows, cari aplikasi “Notepad” klik kanan pilih “Run ad Administrator”.

Cari aplikasi notepad dan jalankan sebagai Adminstrator

2. Setelah terbuka silahakn pilih menu file -> open silahkan cari letak “C:\Windows\System32\drivers\etc”  lalu silahakn ubah untuk filter menjadi “allfiles”

3. Setelah file terlihat seperti pada gambar : pilih file “hosts” dan pilh open

4. Silahkan menambahkan IP hosting atau IP tujuan domain anda. Untuk cara cek IP hosting atau IP tujuan domain silahakan “klik di sini”

5. Silahkan isi format file host anda dengan IP Nama domain. Silahkan melihat gambar untuk lebih jelasnya

6. Setelah anda tambahkan anda simpan dengan klik file->save.

7. Selamat anda telah berhasil Menambahkan file host dikomputer anda.