Mengatasi Error Establising a Database Connection Pada WordPress Site dengan Mudah

Untuk masalah tidak terhubungnya koneksi database pada wordpress bisanya kamu mengalami setelah melakukan upload website wordpress yang kamudesain di hosting lain, melakukan suatu peruhan setting datababase, melakukan penggantian user cpanel atau melakukan upload website kamu yang sebelumnya di desain di local. Untuk melakukan pemabenahannya kamu harus melakukan beberpa penyasuaian untuk file wp-config.php directory hosting kamu.

Tanpa panjang lebar, Untuk cara pembenahannya silahkan melakukan cara berikut :

  1. Silahkan kamu masuk ke directory file manger kamu. Jika kamu menggunakan cpanel, masuk cpanel ->File manger ->public_html-> cari directory website yang bermasalah jika website yang bermasalah merupakan domain utama hosting maka biasanya ada di public_html, tapi jika merupakan addon domain maka akan berada di directory addon domain yang kamu buat.
  2. Cari file dengan nama : wp-config.php -> edit 
  3. Silahkan kamu pastikan atau edit jika adalah yang belum sesuai untuk setting berikut :
    DB_NAME -> nama database
    DB_USER-> user yang di gunakan database
    DB_PASSWORD->password user database kamu
    DB_HOST->host yang kamu gunakan, Untuk host ini bergnatung dengan setting penyadia layananan hosting, jika kamu tidak mengetahui kamu bisa tanyakan ke penyadia hosting kamu. Namun biasanya menggunakan ‘localhost’, untuk layanan niagahoster yang saat ini menjadi contoh juga menggunakan DB_HOST:’ localhost’ untuk hal ini bertujuan memudahkan pengguna yang biasanya melakukan upload webiste dari local. Untuk contoh tampilan wp-config.php gambar :
    Terkadang kamu juga harus mengtahui untuk table_prefix yang digunakan database kamu :
    Silahkan kamu pastikan untuk semua parameter tersebut karena nantinya kita haus samakan dengan setting yang ada di “Database MySQL”, dan untuk table_prefix akan di sesuaikan dengan yang ada “phpmyadmin”.
  1. Selanjutnya silahkan kamu buka untuk menu MySQLDatabases dari halaman utama Cpanel kamu.
  2. Dalam menu MySQLDatabases silahkan kamu pastikan untuk paramenter yang kamu lihat cek belumnya dan di sesuaikan, untuk contoh detailnya silahkan melihat gambar berikut :
  3. Jika sudah sesuai silahkan scroll kebawah dan coba melakukan pengubahan password  untuk user database kamu dangen password yang kamu ketahui sebelumnya di script wp-config.php tepatnya pada bagian DB_PASSWORD :
  4. Coba kamu cek akses kembali untuk website kamu. Jika sudah dapat di tampil dengan normal kemungkinan ada kesalahan pada password database user kamu.

Dalam berberapa kasus ada yang masih menemui error coba kemu ingat pengubahan apa yang kamu lakukan sebelumnya. Jika kamu pernah melakukan penggubahan username cpanel biasanya untuk nama database dan user database yang dimenu “MYSQLdatabases” kamu ikut berubah untuk hal ini yang kamu sesuaikan atau kamu edit pada scrip wp-config.php nya disesuaikan dengan parameter database dan userdatabase yang baru.  Jangan lupa simpan atau save setelah melakukan pengubahan script.

Jika kamu masih menemui error koneksi database dan sebelumnya kamu melakukan upload file wordpress dari local sebaiknya kamu periksa untuk “tabel_prefix”. Silahakn kamu cek di script wp-config.php untiuk caranya seperti “nomer 3” pada panduan sebelumnya. Setelah itu kamu masuk kehalaman utama cpanel kamu buka manu “PhpMyAdmin” klik nama database kamu. Dan kamu akan mengetahui tabel prefix seperti : 
Jika kamu sudah mengetahui tabel prefix kamu silahakn kamu edit untuk yang discript wp-config.php disamakan dengan yang di menu “PhpMyAdmin” .  Jangan lupa simpan atau save setelah melakukan pengubahan script.

Silahkan kamu melakukan cek akses untuk website kamu. Jika masih mengalami kendala yang sama kamu bisa menghubungi penyedia layanan hosting kami untuk di bantu penyesuaian database kamu.