DIGINOOB

Mengatasi Website Blank Putih

Banyak teman-teman yang mengalami webiste blank putih setelah melakukan upload file website, melakukan perubahan pada CMS webiste, penambahan Plugin atau melakukan penggantian tema. Dalam hal ini sebaiknya kamu periksa apakah sebelumnya kamu melakukan pembuatan webiste menggunakan platfrom versi PHP berapa, contoh kamu melakukan pembuataan website dengan versi Php 5.6 namun saat kamu upload ke hosting kamu tidak merupah versi php di hosting kamu yang biasanya defaultnya menggunakan versi php 7.1. Hal inilah yang menyebabkan kamu menemui error blank putih saat website kamu di akses.

Contoh Website yang mengalami Blank Putih

Jika kamu menggunakan CMS tertentu dan sebelumnya bekerja dengan normal lalu kamu melakukan upload atau pemasangan Tema atau Plugin baru dan saat di akses website hanya tampil blank putih, Sebaiknya kamu periksa kembali untuk Plugin atau Tema yang kamu gunakan ini berfungsi pada versi php berapa. Untuk hal compatibilitas versi php plugin atau tema kamu bisa tanyakan kembali ke develipernya atau bisanya di tulis di sistem requirement di webiste penyedia tema atau plugin. Jika disistem requirementnya harus menggunakan versi php 5.6  sedangkan untuk default hostingnya menggunakan 7.1 maka kamu akan menemui blank putih pada website kamu. Untuk hal ini kamu harus melakukan pengubahan versi php yang ada di hosting kamu menjadi 5.6 supaya tema atau plugin dapat bekerja.

Untuk Cara pengubahan versi PHPnya silahkan melihat cara berikut :

  1. Silahkan masuk ke Cpanel hosting anda
  2. Cari menu yang namanya “Select PHP version” atau menu lain yang berkitan dengan pengubahan setting versi php di hosting kamu .
  3. Silahkan anda ubah ke versi php 5.6 dan klik “set as current”.
  4. Saat ini seharusnya hosting kamu bekerja dengan veris php 5.6
  5. Silahkan melakukan Clear chace browser anda dan melakukan pengcekan akses webiste anda.

Jika setelah melakukan cara di atas masih error atau ada fungsi yang tidak berjalan. Kemungkinan ada sistem requirement yang belum di penuhi. Dalam tema tertentu membutuhkan modul contoh : “mysqli”, “ioncube ”dan lain-lain. Untuk hal ini bisa di lihat dari pesan error yang tampil setelah melakukan peng aktfan notifikasi error, Untuk cara pengaktifannya silahkan melihat cara berikut :

  1. Masih dalam cpanel dan dalam menu “Select PHP verison”.
  2. Pilih menu “Switch To PHP option”
  3. Silahkan aktifkan notifikasi pesan error saat di akses dengan cara :Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengecekan, Sebaiknya setelah menampilkan notifikasi error anda langsung melakukan pengecekan dengan cara melakukan akses ke domain anda. Berikut untuk contoh website dengan platform CMS wordpress yang error karena versi PHPnya belum sesuai karena seharusnya menggunakan Versi 5.6 namun di hosting masih di Setting dengan Versi 7.0 dan ada modul yang belum di aktifkan yaitu modul ionCube pada versi PHP 5.6  :
  4. Setelah itu klik “save”.
  5. Untuk kembali ke halaman pemilihan modul pilih menu “Switch To PHP Extention”

Setelah melakukan hal di atas silahkan melakukan pengecekan ulang dengan melakukan akses ke website anda. Jika muncul notifikasi yang berkaitan dengan modul tertentu contoh berkitan dengan modul “ioncube_loader” dan “mysqli”. Untuk hal ini modul bisa di aktfkan dengan cara:

  1. Pilih centang pada modul tertentu, dalam hal ini contoh modul “ioncobe_loader” :
  2. Silahkan pilih tombol “save”
  3. Untuk modul “mysqli” caranya juga sama namun harus mematikan modul “nd_mysqli” karena dalam beberapa kasus modul php bisa conflict jika aktif secara bersamaan
  4. Jangan lupa klik “save” setelah melakukan perubahan.

Sekian untuk artikel mengatasi website blank putih semoga dapat berguna dan membantu permasalahan kamu.

Mengatasi Website Blank Putih | digi2017 | 4.5