DIGINOOB

Saat Website Anda Tidak Dapat Diakes

Kadang kala saat anda melakukan perubahan suatu setup pada website anda, anda mengalami masalah yaitu website tidak dapat di akses dari komputer anda dan anda telah melakukan percobaan ganta ganti browser namun hasilnya tatap sama. Lalu anda mealkukan pengetesan koneksi dan ternyata koneksi anda normal dan dapat mengakses website lain. Sebaiknya anda jangan panik dan coba mengingat apa yang anda lakukan sebelumnya. Sebaiknya anda melakukan langkah-langkah berikut :

Pertama silahakan anda coba melakukan akses dengan jaringan yang berbeda contohnya jika anda menggunakan laptop dengan koneksi wifi dan tidak bisa melakukan akses website anda menggunakan jaringan tersebut silahakn coba gunakan device lain contohnya smart phone dan jangan menggunakan jaringan wifi yang sama, coba gunakan jaringan dari provider lain. Jika anda dapat melakukan akses web dari smartphone anda berarti ada kemungkinan IP public yang di gunakan laptop anda terblokir oleh server hosting yang di gunakan atau dari sistem ke amanan yang di gunakan oleh penyedia hosting anda. Untuk hal ini jangan panik dan langsung menyalahkan penyedia hosting anda karena sistem pengamanan ini sebetulnya bertujuan baik mengamankan website anda dari serangan luar. Sebaiknya anda mengingat-ingat apa yang sebelumnya anda lakukan, sebagai contohnya sebelumnya anda gagal login cpanel atau CMS (ex: wordpress) yang anda gunakan berkali-kali. Jika anda tidak merasa melakukan hal tersebut bisa saja ada melware di komputer yang anda gunakan sehingga sistem ke amanan mendeteksi ada serangan yang di lakukan oleh IP yang anda gunakan.

Langkah kedua, silahakan anda akses website anda menggunakan proxy dari komputer anda yang bermsalah. Anda bisa coba akses dari layanan web Proxy sebagai contoh : Web proxy.to , Kproxy..com dan lain-lain. Anda juga bisa melakukan installasi plugin proxy pada browser anda contoh: foxy proxy, anonymox dan lainnya. Jika ternyata dapat di akses, besar kemingkinan IP public anda terblokir oleh firewall penyedia hosting anda.

Langkah ketiga, Silahkan melakukan pengecekan IP public kompur anda dengan cara melakukan akses ke website pengecekan IP public contohnya Ipsaya.com, whatsmyIP.org dan lain sebagainya. Lakukan screenshot dan silahkan laporkan ke penyedia hosting anda bahwa Ip  yang anda gunakan tidak dapat melakukan akses ke website yang anda gunakan. Di beberapa provider hosting mereka menyediakan fitur unblok IP yang memudahkan penggunakan untuk melakukan Unblock sendiri saat Ip mereka terblokir contohnya Niaga hoster. Niaga hoster menyadiakan fitur un block IP dari member area anda. Jika kebetulan adan mengguanakannya silahkan anda cek Member area Niaga hoster -> Pilih menu hosting dan domain -> Pilih hosting anda -> klik tombol kelola ->pilih tab Unblock IP.

Bila setelah unblock Ip di server web site tetap tidak dapat di akses, jangan panik. Kemungkinan IP anda terblokir dari sistem kemanan yang lain yang di gunakan penyedia hosting anda contohnya sistem keamanan Bitninja.  Jika anda mengalami hal ini namun anda tidak merasa melakukan kesalahan dalam login dan komputer anda di rasa bebas malware. Kemungkinan IP yang anda gunakan saat ini merupakan IP dinamis. Sebagi contoh saya menggunakan provider speedy / republic tanpa paket Ip statis sehingga Ip yang di gunakan komputer saya akan berganti ganti dalam beberapa periode atau season, per gantian ini bisa berlaku tiap beberapa jam, menit bahkan detik tertentu bergantung dengan setting provider yang anda gunakan. Dalam hal ini bisa saja Ip public yang anda gunakan saat ini pernah di gunakan oleh orang lain untuk melakukan tindakan penyerangan terhadap suatu server sehingga Ip tersebut menjadi bad reputation. Ip yang bad reputation pasti akandi curigai oleh bitninja bahkan bisa diblokir. Jika masih tahap di curigai saja anda bisa melakukan unblok sendiri dengan melakukan akses ke website anda lalu melakukan pengisian capta bitninja manun jika tidak bisa melakukan akses sama sekali silahkan menghubungi provider hosting untuk di lakukan unblok dari panel admin mereka.

conoth IP yang dicurigai oleh bitninja :

Dalam beberapa kasus banyak yang mengalami IP public mereka tidak terblock dari bitninja dan firewall server namun masih tidak dapat melakukan akses. Silahkan cek jaringan yang anda gunakan jika anda menggunakan sebuah jaringan yang terbagi contohnya di sebuha kantor silahakn menghubungi admin jaringan kantor anda untuk meminta IP public router kantor karana kang bisa disebabkan IP routerlah yang terblokir dai bitninja atau firewall server. Jika anda sudah memiliki Ip routernya silahkan anda hubungi layanan hosting anda untuk minta di lakukan pengecekan terhadap Ip tersebut.

Untuk kasus yang lain anda suah melakukan Unblokc IP dan dari penyedia layanan anda sudah mengkonfirmai bahwa Ip yang anda gunakan sudah toidak terblokir Untuk hal ini anda bisa coba mendaftarkan host Ip hosting di komputer anda. Untuk cara mendaftarkan host akan dibahas di lain artikel.

 

Saat Website Anda Tidak Dapat Diakes | digi2017 | 4.5